Harga timbangan digital tidak sama antara satu dengan lainnya. Tentunya penentuan harga tersebut berdasarkan fungsinya. Apabila proses menimbang semakin mudah, biasanya harganya pun menyesuaikan. Sudah menjadi suatu hal yang pasti bahwa harga timbangan digital menyesuaikan kualitasnya.

Timbangan Portable/Bench Scale

Nama lain dari timbangan bench scale adalah timbangan duduk. Ciri dari timbangan ini didesain secara terpisah antara tempat menimbang dan indikatornya atau yang disebut sebagai layar. Adanya tiang penyangga sebagai penghubung antara tempat penimbang dan indikator tersebut.

Jenis timbangan tersebut biasanya dipergunakan untuk menimbang berat dagangan dalam jumlah yang cukup banyak. Biasanya sebuah toko atau tempat perdagangan membutuhkan alat ukur yang mampu menimbang barang hingga puluhan kilogram. Jika memiliki timbangan bench scale tersebut, Anda tidak perlu berulang kali menimbang barang.

Cukup sekali timbang sudah mampu menampung banyak barang. Bahkan, timbangan ini bisa menampung barang hingga ratusan kilogram sekaligus. Cara menimbangnya cukup mudah, tidak perlu mengangkat barang-barang yang bebannya berat.

Badan Anda juga tidak akan pegal-pegal gegara mengangkat barang karena peletakan sensor timbangan berada di bawah setara dengan lantai. Ukuran platform sekitar 20 x 25 cm hingga 80 x 80 cm. Berhubung timbangan ini termasuk kategori timbangan digital, maka pengukurannya juga sangat praktis.

Angka bobot barang akan terlihat pada display atau layar timbangan bench scale. Keunggulan dari timbangan ini memiliki baterai kering, sehingga tidak perlu menghubungkan kabel terlebih dahulu. Melainkan hanya perlu charge ulang sesuai dengan kondisi baterai. Harga timbangan digital bench scale ini kurang dari 2 juta rupiah.

Timbangan Floor Scales

Timbangan Floor Scales

Timbangan floor scale memiliki desain yang hampir mirip dengan timbangan bench scale. Perbedaannya terletak pada ukurannya yang jauh lebih besar dari timbangan bench scale. Otomatis kapasitas tampung barang pun juga lebih besar.

Ukuran lebar timbangan ini pun hingga mencapai satuan meter. Jika dilihat dari desainnya, timbangan floor scale ini tidak memiliki tiang penyangga. Timbangan floor scale bisa disebut sebagai timbangan lantai. Penyebutan tersebut dikarenakan pada awalnya jenis timbangan ini ditanam di lantai, bahkan rata dengan alas.

Biasanya barang yang menggunakan timbangan ini memiliki beban yang sangatlah berat. Desain dari timbangan ini bagaikan kereta dorong sama seperti timbangan bench scale. Peruntukannya memang untuk barang yang berat, namun desainnya tidak membuat orang susah payah angkat barang. Tidak perlu khawatir pula dengan keakuratan jenis timbangan ini karena berteknologi digital.

Angka pun akan muncul pada indikator secara otomatis. Ketika barang sudah terletak di atas tempat timbangan hingga sensor merespon tekanan, maka secara otomatis indikator akan memunculkan angka yang akurat dan detail. Biaya yang perlu Anda persiapkan untuk menebus harga timbangan digital tersebut bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Timbangan Gantung

Timbangan gantung mempunyai nama lain crane scale. Penyebutan timbangan gantung lebih dikenal orang Indonesia. Pasalnya berhubungan dengan uniknya sistem penimbangannya tersebut. Timbangan crane scale ini dengan sistem gantung. Jadi keunikan dari sistem timbangan tersebut tidak memiliki tempat atau wadah penimbang.

Melainkan cara menimbangnya dengan digantung pada alat pengait yang tersedia. Timbangan gantung dikaitkan dengan LoadCell S dan Hook untuk memfasilitasi pengubahan data yang berasal dari analog menuju data digital yang tertera pada indikator. Walaupun sistem penimbangannya berbeda dengan lainnya, namun teknologi timbangan gantung ini sudah berkelas F1 untuk alat berat.

Kapasitas timbangan gantung ini bisa mencapai 100 ton. Barang yang sedang ditimbang akan terangkat secara otomatis oleh hoist atau kerekan yang tersedia. Energi yang dihasilkan berasal dari baterai yang bisa di charge ulang.

Ketahanan baterai timbangan gantung cukup lama yakni sekitar 50 jam pemakaian. Timbangan gantungan ini tidak kalah akurat dengan timbangan jenis lainnya karena berteknologi digital. Tentunya timbangan gantung digital jauh berbeda kualitasnya dengan sistem tradisional.

Menanggapi hal tersebut, maka harus mengutamakan kualitas timbangan agar angka yang dihasilkan akurat. Harga timbangan digital gantung bisa mencapai jutaan rupiah. Harga timbangan digital gantung juga cukup bervarian.

Timbangan Ternak

Timbangan jenis ini memang dikhususkan untuk mengukur bobot dari hewan ternak. Biasanya timbangan ini dimanfaatkan untuk peternak. Beberapa jenis hewan di Indonesia yang biasa ditimbang dengan alat ini diantaranya, kerbau, kambing, dan sapi.

Maka tidak heran jika timbangan ini dimakan sebagai timbangan ternak. Teknologi dari timbangan ternak berbeda dengan timbangan digital lainnya. Timbangan ternak berteknologi digital ini dilengkapi dengan sistem HOLD atau PEAK HOLD.

Terdapat perbedaan fungsi HOLD dan PEAK HOLD. HOLD ini berfungsi mengunci angka secara otomatis berdasarkan angka yang sering muncul. Sedangkan, fungsi dari PEAK HOLD bertujuan memberhentikan indikator timbangan setelah mendapatkan angka tertingginya. Tujuan melengkapi timbangan tersebut dengan sistem HOLD untuk mengantisipasi ketidak akuratan hasil akibat hewan bergerak-gerak.

Sudah menjadi suatu hal yang pasti bahwa hewan tidak mungkin diam dan pastinya akan selalu terjadi pergerakan selama proses menimbang. Adanya pergerakan tersebutlah membuat hasil angka tidak stabil.

Alat pengukur tersebut berkategori digital, sehingga dapat merespons tekanan dengan cepat dan hasilnya lebih akurat atas bantuan sistem HOLD atau PEAK HOLD. Harga timbangan digital ternak tersebut bisa mencapai lebih dari 7 juta rupiah. Tidak bisa dipatok harga timbangan digital ternak karena cukup bervarian tergantung kualitasnya.

Timbangan Laboratorium

Timbangan laboratorium berkategori digital. Sebutan dari timbangan laboratorium adalah analytical balance. Sedangkan, nama sederhananya adalah neraca analitik. Sensor dari teknologi timbangan laboratorium ini tidak menggunakan sistem load cell. Melainkan lebih canggih lagi yakni dengan sensor laser. Fungsi timbangan ini memang dikhususkan untuk zat-zat kimia, sehingga didesain dengan kaca penutup agar angin terhalang masuk.

 Zat kimia memiliki berat yang sangat ringan. Tidak semua timbangan bisa mendeteksi bobot suatu barang yang sangat ringan. Keunggulan dari timbangan laboratorium ini yang mampu mendeteksi bobot secara akurat hingga 4 angka 0 dibelakang koma dalam satuan gram. Bagian indikator berada di bagian depan bawah timbangan laboratorium. Kemungkinan terjadi suatu kesalahan sangatlah kecil karena menggunakan 4 digit.

Tingkat keakuratan yang cukup tinggi ini dikarenakan adanya fitur electromagnetic force restoration. Bahan obat-obatan farmasi juga sangat cocok dan pastinya akurat jika memanfaatkan teknologi timbangan laboratorium. Ketidak akuratan dalam mencatat bobot bahan farmasi juga sangatlah kecil karena tampilan layarnya yang sangat jelas.

 Timbangan laboratorium atau neraca analitik ini mampu melakukan pengukuran zat baik berupa benda padat, maupun benda cair. Seiring dengan perkembangan zaman, masyarakat sudah jarang menggunakan neraca analitik analog.

Melainkan beralih pada neraca analitik digital. Adapun hal yang harus diperhatikan adalah harus menempatkan timbangan tersebut dalam posisi yang benar dan terhindar dari hembusan angin. Jika hal ini terjadi bisa berpengaruh pada tingkat keakuratan angka yang dihasilkan. Harga timbangan digital neraca analitik atau timbangan laboratorium ini cukup mahal. Kisaran harga timbangan digital tersebut 4 juta hingga 15 juta rupiah tergantung kualitasnya.

Setiap jenis timbangan digital memiliki kelebihan masing-masing sesuai dengan peruntukannya. Tentunya semua jenis timbangan digital dengan keakuratan yang tidak diragukan lagi. Perawatan yang benar harus dilakukan untuk menghindari kerusakan, bahkan dilakukannya perlu membeli kembali yang baru. Apalagi jika harga timbangan digital yang dibeli lebih mahal dari sebelumnya.