Perayaan idul fitri tidak akan terasa lengkap tanpa kue “must-have”, nikmat, lezat yang selalu hadir di rumah-rumah di Indonesia jika ada acara-acara besar seperti idul fitri. ‘Kue kering,’ adalah bahasa Indonesia untuk cookies. Kue adalah istilah yang relatif luas digunakan di Indonesia untuk berbagai macam kue, dari kue kering sampai kue biskuit, scone, pie, kue ‘kue basah’, dan kue tar. Kue-kue kering tradisional yang sering ada di Indonesia tersebut adalah Kue Nastar (kue isi selai nanas), Kastengel dari Kaastengels Belanda (Kue Keju Tongkat), Kue Putri Salju, Kue Keju sagu, Kue Lidah Kucing dan Kue Spekulas Kenari (Speculaas Almond). Tradisi makan roti dan kue kering dibawa oleh orang Eropa, terutama Belanda, ke Indonesia selama penjajahan Belanda di Indonesia. Tidak mengherankan bahwa, pada akhirnya, itu menjadi saah satu tradisi Indonesia. Oleh karena itu, Anda akan menemukan sebagian besar ‘kue kering dan teknik perayaan Indonesia bertepatan dengan orang Eropa’. Namun, meskipun bahan dasarnya sama, beberapa resep telah dimodifikasi dari bahasa aslinya untuk memenuhi selera orang yang berubah.

Pada artikel kai ini kami akan memberikan salah satu resep kue kering di Indonesia yaitu kue kastengels, disini kami akan membagikan resep kue kering modern yang sudah di modifikasi dan sesuai dengan selera orang Indonesia yang sekarang.

Kue gurih kecil yang enak ini disebut kaastengels dalam bahasa Belanda dan kastengel atau kue keju dalam bahasa Indonesia. Ini adalah kue keju stick yang sering ada dalam sebuah perayaan di Indonesia. Kastengel gurih, bermentega, kaya akan rasa keju, dan lezat. Ini sering dibuat dengan keju cheddar atau gouda. Tergantung pada preferensi Anda, itu bisa dibuat renyah atau rapuh dengan menambahkan lebih banyak keju atau mentega, atau bisa dibuat lebih lembut. Olesi dengan telur, tambahkan lebih banyak keju, dan membuatnya lebih enak dengan menaburkan keju parut di atasnya. Hmm enak banget kan! yuk kita lihat bahan-bahan dan cara untuk membuat kue kastengel ini!

Bahan-bahan:

  • 150 gr unsated butter berkualitas tinggi
  • 100 gr keju parut Edam – disubstitusi parutan keju Gouda atau Cheddar
  • 200 gr tepung kue
  • 1 sdm susu bubuk
  • 1 kuning telur

Egg wash:

  • 1 kuning telur
  • 1 sdt madu

pelengkap:

  • 1/4 cangkir keju parut Edam

Cara membuat:

  • Tempatkan mentega pada suhu kamar selama 30 menit agar melunak. Tempatkan mentega dalam mangkuk mixer dengan pengocok kawat terpasang. Kocok mentega selama 1 menit dengan kecepatan rendah dan tambahkan kuning telur dan aduk dengan kecepatan tinggi selama 5 menit. Tambahkan keju, tepung, susu bubuk dan gunakan spatula untuk aduk agar tercampur menjadi adonan yang tidak lengket
  • Memanaskan lebih dulu oven ke 330 F. lapisi loyang loyang dengan kertas roti. Letakkan kertas perkamen atau alas silikon di atas permukaan yang digunakan. Gulung adonan hingga ketebalan sekitar 1 inci. Gunakan pisau untuk memotong adonan selebar 1 inci dan kemudian potong masing-masing sekitar 3 inci. Anda mungkin akan mendapatkan sekitar 34-45 buah. Susun kue pada lembar cookie. Olesi dengan egg wash dan taburi dengan keju parut. Panggang selama 20 menit atau sampai berwarna cokelat keemasan. Ini sangat tergantung pada oven Anda juga, Anda mungkin perlu sedikit lebih lama atau lebih sebentar
  • Biarkan kastengel mendingin di atas loyang selama 1 menit dan kemudian lepaskan ke rak pendingin agar dingin sepenuhnya. Simpan dalam wadah kedap udara dan mereka bisa bertahan hingga satu bulan.