Air minum yang jernih merupakan kebutuhan bagi semua orang. Tentu selain sehat dan memiliki kriteria yang disarankan Kementerian Kesehatan RI dan WHO, rupanya air minum yang sehat memiliki beragam manfaat.

Kebutuhan air sehat yang tinggi tentu harus diimbangi berbagai cara untuk menjaga kualitasnya lebih baik. Tidak semua orang punya akses air minum yang berkualitas dan mulai beralih ke teknologi penyaringan air minum atau filter air [1].

Filter air merupakan alat yang dipasarkan oleh banyak produsen. Ada berbagai tipe, merek, hingga harga yang tersedia di pasaran. Kehadiran filter air sendiri merupakan respon atas maraknya air yang kurang berkualitas.

Lantas, apakah penyaring air memiliki fungsi untuk menjadikan air minum lebih berkualitas? Lalu bagaimana cara kerja filter air untuk membuat minuman menjadi layak konsumsi? Pada umumnya cara kerja filter air atau penyaring air terdiri dari tiga langkah utama.

  1. Penyaringan Bakteri dan Kotoran

Biasanya penyaring air memiliki pori-pori yang kecil berukuran mikro yang berfungsi menyaring air dari semua kotoran atau bakteri yang terkandung di dalamnya. Ada berbagai lapisan lain seperti nano silver atau lapisan perak yang membersihkan sisa bakteri [2].

Ada juga filter keramik yang dilengkapi karbon aktif guna mengikat senyawa kimia pada air dan menghilangkan bau tidak sedap.

  1. Membunuh Kuman

Komponen tambahan yang biasanya ada pada mesin filter air sendiri berfungsi sebagai penyaring kuman. Banyak kuman dan bakteri yang tersingkirkan karena kandungan filter air yang berlapis-lapis.

Beberapa di antaranya adalah pasir silika, karbon aktif, pasir mangan, zeolit, dan resin. Setiap lapisin juga memiliki fungsi masing-masing seperti menjaga kadar oksigen dalam air, menyerap zat kapur, menghilangkan bau, rasa dan warna, hingga menyaring lumpur atau tanah [3].

Kuman sendiri memiliki beragam bentuk maupun jenis, terlebih pada air yang kotor. Salah satu penyakit yang didapatkan dari konsumsi air kotor adalah penyakit pencernaan seperti diare.

  1. Memperbaiki atau Menjaga Rasa

Fungsi filter air lain adalah memperbaiki rasa. Maksudnya adalah menjaga rasa dari kandungan zat yang mengontaminasi bentuk air.

Pada filter atau penyaringan air biasanya akan ada lapisan yang terbuat dari karbon aktif. Fungsi dari karbon adalah menghilangkan bau, rasa, dan warna yang biasanya disebabkan oleh klorin dan senyawa organik [2].

Fungsi lain dari karbon aktif juga meningkatkan kadar oksigen dalam air guna mengganti cairan tubuh yang hilang.

Banyak penyedia atau merek-merek yang mulai memasarkan kebutuhan untuk penyaringan air yang modern. Biasanya, rumah atau daerah yang memanfaatkan air tanah untuk kebutuhan rumah tangga kerap menggunakan filter air [3].

Selain karena lebih praktis hanya perlu pompa air atau jet pump guna menarik kandungan air dari tanah. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin menggunakan filter air.

Pertama adalah kualitas yang akan disaring, apakah memang masih layak diminum dengan indikasi masih jernih dan minim mikroorganisme.

Kedua adalah sumber air yang digunakan, karena bagaimanapun sumber yang buruk akan menghasilkan kualitas yang juga buruk.

Ada baiknya mengonsumsi air yang memiliki kualitas terjamin, meski filter air masih bisa digunakan untuk kualitas air di daerah pegunungan atau yang memanfaatkan air PDAM serta ditambah teknologi filter air [1].

Tetap utamakan kesehatan dengan memperhatikan kualitas air sebelum dikonsumsi. Salah satu cara lain untuk meningkatkan kualitas air adalah dengan memasaknya, asalkan tidak ada kandungan kimia seperti zat kapur.

Salah satu sumber air minum yang terbukti baik bagi tubuh adalah air pegunungan. Selain karena kandungan mineral yang segudang, kualitas air ini juga jauh dari kontaminasi limbah air.

AQUA terpercaya lebih dari 45 tahun memberikan kualitas air pegunungan dengan mudah hingga ke tangan konsumen. Memiliki 9 kriteria, 5 syarat dan 1 tahun penelitian oleh para ahli geologi dan geohidrologi sebelum digunakan untuk konsumsi khalayak ramai [4].

Tak lupa, AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber mata air. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi kealamian mineral dan keberlangsungan sumber air. Dengan demikian, AQUA bisa mengantarkan kebaikan air mineral kepada masyarakat Indonesia. Lebih dari 17 sumber mata air pegunungan dari Sabang sampai Merauke dijaga kelestariannya dan didistribusikan untuk memberikan manfaat air kaya mineral di setiap tetesnya [5].

Kamu sudah minum AQUA hari ini?

Referensi:

  1. https://www.sciencedirect.com/topics/chemical-engineering/water-filtration
  2. https://www.greenamerica.org/green-living/facts-about-water-filters
  3. https://www.aquacure.co.uk/knowledge-base/how-water-filters-work
  4. https://www.sehataqua.co.id/organ-organ-ini-tak-bisa-hidup-tanpa-air/
  5. https://www.sehataqua.co.id/begini-cara-memastikan-aqua-berasal-dari-mata-air-terbaik/