Harus Diketahui Beragam Nutrisi Penting Bagi Ibu Menyusui dan Cara Memilih Susu Ibu Menyusui

  • Whatsapp
Nutrisi Penting Bagi Ibu Menyusui

Bagi ibu yang menyusui ASI secara ekslusif, tentunya setiap ibu harus tahu dan juga harus memahami apa saja kebutuhan nutrisi yang diperlukan. Selain dengan mengkomsumsi makanan yang bergizi seimbang, ibu menyusui juga harus mengkomsumsi makanan lainnya. Salah satunya adalah dengan mengkomsumsi susu ibu menyusui, dengan mengkomsumsi susu ibu menyusui juga sangat penting untuk melengkapi asupan nutrisi dalam mendukung tumbuh kembang bayi selama pemberian ASI ekslusif. Dengan mengkomsumsi susu ibu menyusui dapat menjaga kualitas ASI dan dapat mencukupi dalam asupan nutrisi selama menyusui yang penting untuk menjaga daya tahan tubuh, memelihara kekuatan tulang dan dapat memberikan energy terhadap ibu menyusui. Untuk lebih lanjutnya, berikah ini ada beragam manfaat dari susu ibu menyusui dan cara dalam memilih susu ibu menyusui seperti yang dilansir dari kabar sumsel hari ini terbaru:

  1. Beragam Manfaat Susu Ibu Menyusui Sebagai Nutrisi Pelengkap

Selain mengkomsumsi makanan yang bergizi saja, ibu menyusui juga bisa mengkomsumsi susu khusus ibu menyusui sebagai nutrisi pelengkap agar semua kebutuhan nutrisi ibu bisa terpenuhi. Nah, berikut ini ada beberapa manfaat bagi ibu menyusui yang rutin mengkomsumsi susu ibu menyusui :

* Dapat meningkatkan jumlah ASI yang diproduksi lebih banyak dan mempunyai kualitas yang baik.

* Lebih berenergi untuk menjalankan aktivitas sehari-hari.

* Dapat terhindar dari osteoporosis yang diakibatkan kekurangan kalsium, dan anemia akibat kekurangan zat besi.

  1. Cara Memilih Susu Ibu Menyusui

Tentunya dalam memilih susu untuk Ibu menyusui harus tepat dan selektif dalam memilihnya, cara yang harus ibu lakukan adalah dengan cara memperhatikan kandungan nutrisi yang ada di dalam susu tersebut. Susu ibu menyusui yang baik merupakan susu yang mengandung makronutsis seperti protein dan lemak, dan juga mikronutrisi yang mempunyai berbagai jenis vitamin dan mineral. Untuk lebih lanjutnya, berikut cara memilih susu menyusui sebagai berikut :

* Kalsium

Bagi ibu yang menyusui tentunya membutuhkan berbagai asupan kalsium, hal ini bermanfaat untuk mendukung pertumbuhan tulang dan gigi terhadap bayi dan juga dapat mencegah risiko terjadinya pengeroposan tulang (osteoporosis) pada ibu yang menyusui. Dengan begitu, ibu menyusui bisa mengkomsumsi susu ibu menyusui, sayuran hijau, serta susu sapid an produk olahan (seperti keju dan youghurt).

* Asam Folat

Susu ibu menyusui yang mempunyai kandungan asam folat dapat memberikan banyak manfaat bagi ibu menyusui, diantaranya adalah dapat meningkatkan kualitas ASI serta dapat membentuk sel darah merah dan dapat meningkatkan penyerapan zat besi. Selain itu juga, asam folat bisa bermanfaat bagi bayi yang dapat mendukung untuk perkembangan dan fungsi otak. Bagi ibu menyusui, sebaiknya membutuhkan asupan asam folat sebanyak 500 mikrogram (mcg) setiap harinya.

* Ekstrak Daun Katuk

Ekstrak daun katuk tentunya sudah dikenal sebagai pelancar ASI, dan di dalam daun katuk juga dapat meningkatkan jumlah hormone oksitosin dan prolactin yang dapat merangsang produksi ASI.

* Omega-3 (DHA)

Di dalam omega-3 memiliki salah satu nutrsi yang penting dalam mendukung perkembangan system syaraf bayi, dan nutrisi ini juga baik untuk merangsang perkembangan otak dan dapat meningkatkan kecerdasan anak. Selain itu, bagi ibu menyusui omega-3 mempunyai manfaat untuk meningkatkan energy serta dapat memelihara kesehatan jantung dan otak. Bagi ibu menyusui dianjurkan untuk mengkonsumsi omega-3 sekitar 1,3 gram perharinya.

* Vitamin

Pada umumnya susu ibu menyusui sudah diperkaya dengan berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin C, vitamin D, dan vitamin B kompleks. Dengan adanya berbagai vitamin tersebut tentunya mempunyai manfaat untuk ibu menyusui dan bayinya, diantaranya adalah bermanfaat dapat meningkatkan daya tahan tubuh, dapat membentuk pertumbuhan tulang dan gigi, serta dapat mendukung perkemabangan fungsi organ tubuh bayi dan mata.

Related posts