Makanan Sehat Penambah Berat Badan

  • Whatsapp
Makanan Sehat Penambah Berat Badan

Berat badan ideal bukan hanya idaman pemilik tubuh terlalu gemuk namun juga bagi pemilik tubuh terlalu kurus. Sebagian orang merasakan menambah berat badan yang ternyata sulit dilakukan meski telah mencoba berbagai cara. Untuk itu ..

Perlu diketahui, untuk menambah berat badan tidak asal banyak makan, sebab beberapa makanan memang bisa menaikkan berat badan namun berisiko buruk bagi kesehatan. Seperti makanan mengandung banyak gula, makanan lemak tinggi dan sebagainya.

Makanan Sehat Penambah Berat Badan

Jika menginginkan menambah berat badan dan mendapatkan tubuh sehat, konsumsi makanan berat tinggi kalori serta mengansung nutrisi baik bagi tubuh. Beberapa makanan tersebut sebagai berikut:

  • Telur

Untuk membentuk massa otot perlu mengkonsumsi telur sebagai makanan sumber protein tinggi serta mengansung lemak sehat. Dijadikan olahan apa saja telur dapat menambah berat badan namun pastikan mengkosumsi utuh baik bagian putih dan kuningnya agar mendapat nutrisi lengkap.

  • Susu

Sumber protein lain yang baik untuk menambah berat badan adalah susu. Selain protein susu juga mengandung karbohidrat dan lemak baik yang memaksimalkan penambahan massa otot. Kandungan kalsium da vitamin juga menjadikan susu sebagai makanan sehat yang baik untuk tubuh. Mengkonsumsinya setiap hari sangat dianjurkan.

  • Nasi

Bagi orang Indonesia belum makan jika belum mengkonsumsi nasi. Makanan ini bisa menjadi makanan wajib jika ingin menaikkan berat badan. Kandungan karbohidrat membantu menambah berta badan. Mengkonsumsi nasi juga memenuhi kebutuhan kalori karena dalam sepiring nasi mengandung 200 kalori.

  • Pasta

Bosan dengan nasi? Ganti sumber karbohidrat dengan pasta yang juga baik untuk tubuh. Memilih pasta yang terbuat dari gantum utuh menjadi pilihan lebih sehat.

  • Daging merah

Sebagai pilihan lauk, daging merah menjadi makanan penambah berat badan mencapai berat ideal. Selain tinggi kalori, daging merah dapat membantu meningkatkan massa otot. Agar lebih sehat, hindari daging yang memiliki banyak lemak untuk menekan risiko penyakit akibat lemak berlebih.

  • Ikan salmon

Ikan salmon dapat menjadi pilihan berikutnya. Dalam 200 gram ikan salmon memiliki kandungan sekitar 250 kalori sangat cocok dikonsumsi untuk menambah berat badan. Ikan ini menjadi pilihan sehat karena mengandung lemak sehat sehingga tidak perlu khawatir risiko penyakit akibat lemak berlebih. Ditambah kansungan protein dan omega 3 yang membuat ikan salmon sangat baik dikonsumsi.

  • Kacang-kacangan

Bagi yang suka ngemil bisa mengganti camilan tidak sehat dengan berbagai jenis kascang-kacangan. Kacang mengandung lemak sehat yang dapat menaikkan berat badan secara sehat saat dikonsumsi secara teratur. Namun perlu diingat kacang yang dikonsumsi harus diolah secara tepat, tanpa tambahan gula dan garam.

  • Alpukat

Alpukat memiliki kandungan lemak terbanyak diantara buah-buahan lainnya. Selain iru terdapat kalori dan serta yang baik untuk pencernaan. Lemak sehat yang ada pada lemak dapat menaikkan berat badan secara sehat. Mengkonsumsi satu buah alpukat dapat memperoleh sekitar 320 kalori dan 30 gram lemak.

  • Dark chocolate

Jika Anda termasuk orang yang susah makan tapi ingin menambah berat badan, cobalah konsumsi dark chocolate. Kandungan kalori yang tinggi dapat memenuhi kebutuhan kalori tanpa harus makan terlalu banyak. Dalam 100 gram dark choholate terdapat 600 kalori yang mampu meningkatkan massa otot. Selain itu terdapat kandungan antioksidan dan mikronutrien yang baik untuk tubuh.

Demikian makanan penambah berat badan yang menyehatkan. Jika terdapat masalah pada kesehatan pencernaan dan tubuh, lakukan konsultasi dengan dokter atau bisa melalui klikdokter.com untuk mendapatkan informasi kesehatan yang akurat.

Related posts