Kalau kita bicara Rokok, Rokok bukan hal yang tabu di kalangan msyarakat meskipun dampak negatif rokok sangat berbaya tapi ada saja alasan mereka kenapa masih merokok, mungkin karena efek nikotin atau zat candu yang ada di dalamnya,atau ada juga yang masih ketergantungan dengan rokok sehingga sangat sulit untuk berhenti,untuk anda yang ingin berhenti merokok anda dapat konsultasikan ke SehatQ, di blogger tersebut banyak sekali dokter spesialis di bidangnya seperti specialis anak,penyakit dalam,bahkan ada juga untuk fisioterapi untuk kejiwa dan lain sebagainya selain itu terdapat juga Toko SehatQ yang menjual segala macam obat herbal ataupun obat cara pencegahnya.

Menurut survei data berdasarkan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) 52 % masyarakat Indonesia adalah perokok aktif,mulai dari anak-anak dibawah umur, remaja, dewasa dan orang tua semua merokok bisa di bayangkan buka berapa juta penduduk indonesia belum lagi  di Asia Tenggara. Seperti malaysia, philipine, kamboja, vietnam,dan negara lainnya.

Padahal  di cantumkan di depan bungkus rokok bahayanya jika kita Merokok  menyebabkan beberapa  penyakit seperti penyakit paru -paru kronis, kanker paru-paru, serangan jantung, gangguan janin dan lain sebagainya. did you know ? Kenapa roko berbahaya karena rokok mengandung bahan kimia atau zat adiktif berbahaya seperti nikotin, tar, sianida, benzene, cadmium, metanol, amonia, arsenik, serta karbon monoksida yang tidak baik bagi kesehatan tubuh kita jika kita konsumsi selama terus menerus selama bertahun -tahun.

Jika anda  ingin berhenti merokok, dan mencari solusi bagaimana  cara berhenti merokok yang efektif. karena bahaya dari rokok berisiko mengintai  keluarga kita di masa depan sehingga menempuh cara berhenti merokok harus segera dilakukan.

Saya akan memaparkan beberapa cara berhenti merokok yang bisa Anda coba. meskipun Cara berhenti merokok sangatlah bervariatif tapi kunci hanya satu adalah diri kita sendiri yang harus berani  meninggalkanya dan merubah main set kita tentang rokok.

Berikut Tips cara berhenti merokok agar bisa di kurangi atau sebagai  pengganti rokok  diantaranya adalah:

  • Permen karet ,atau mengkonsumsi permen sebagai pengganti rokok,
  • berbentuk Tablet / isap yang dikonsumsi dengan  cara meletakkannya di dalam pipi
  • Tablet sublingual yang dikonsumsi dengan caranya meletakkan di bawah lidah
  • Inhaler pengganti untuk hidung
  • Transdermal atau ‘koyo’ nikotin yang ditempel di punggung atau tubuh bagian atas
  • Obat semprot hidung atau mulut

Berikut beberapa tips yang bisa Anda gunakan  sebagai kegiatan yang bisa untuk berhenti merokok yang alami:

  • Berolahraga dengan hobi yang kita sukai, misalkan sepak bola, pasti semua orang tau sepak bola membutuhkan tenaga yang kuat ,serta nafas yang panjang, dengan  begitu dapat mengalihkan pikiran karena jika kita merokok maka kita tidak bisa bermain bagus mungkin dapat mengalami kendal seperti sesak nafas dengan begitu maka kita akan sadar dengan bahaya merokok.
  • Ubah mainset kita dan berikan sugesti ke diri kita misalkan  “merokok membahayakan keluarga kita ” mungkin jika kita tidak terjangkit penyakit biasanya anak kita yang masih kecil akan mudah terkena penyakit penyebabnya jelas asap rokok yang di hirup pasif oleh keluarga kita terutama anak. ada juga yang bilang daripada merokok masih mending beli susu buat anak kita,biasanya karena faktor keluarga itu cara efektif untuk berhenti merokok.
  • Jauhi  orang-orang yang merokok atau teman yang suka merokok dan dengarkan nasihat teman tang bertentangan dengan rokok.