Tips Mengurangi Rasa Panik dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona

  • Whatsapp
Virus Corona

Kemunculan virus corona di pada akhir tahun 2019 di kota Wuhan, China hingga sekarang masih menyebabkan keresahan yang belum berakhir. Hal ini lantaran virus ini kini sudah menyebar ke berbagai negara di dunia. Jumlah orang yang terinfeksi hingga yang meninggal dunia hingga kini pun tercatat sudah cukup banyak dan bahkan semakin mengalami peningkatan. Kondisi ini terutama juga terjadi di negara Indonesia. Kondisi yang tidak kondusif seperti sekarang ini, ditambah harus melihat dan mendengar update berita mengenai kasus corona yang semakin bertambah tak jarang menimbulkan rasa panik yang berlebihan.

Kondisi ini dinilai wajar mengingat untuk kasus corona ini terbilang bukan hal yang sepele. Namun jika reaksi panik yang dilakukan sudah sangat berlebihan, sebaiknya Anda kendalikan dan segera cari cara untuk mengatasinya. Karena rasa panik berlebihan akan membuat daya tahan tubuh seseorang menjadi menurun,. Padahal di kondisi pandemi corona seperti saat ini, memiliki daya tahan tubuh yang bagus sangat diperlukan agar mampu melawan infeksi dari kuman, bakteri, maupun virus yang bisa saja masuk ke dalam tubuh.

Agar tetap tenang dan waspada dalam menghadapi pandemi virus corona, lakukan berbagai tips berikut ini agar tidak mudah panik, yaitu:

  • Berbicara dengan orang terdekat agar lebih tenang.

Sejak diumumkannya kasus corona pertama di Indonesia, banyak sekali masyarakat yang panic. Karena panic yang berlebihan, muncul fenomena panic buying dimana orang-orang langsung menyerbu pusat-pusat perbelanjaan dan membeli semua kebutuhan bahan pokok. Rasa cemas memang normal saja terjadi pada manusia. namun sebaiknya tidak berlebihan dan dikelola dengan baik. Untuk mengurangi rasa cemas dan panic, Anda bisa berbicara dengan orang yang dipercaya atau orang terdekat agar pikiran lebih tenang.

  • Mempercayai informasi yang akurat saja.

Sejak munculnya kasus corona, hampir setiap hari berbagai media diisi dengan berbagai informasi tentang corona. Mengingat corona merupakan virus berbahaya, ada baiknya Anda mencari informasi dari sumber yang sudah terpercaya. Sehingga akan lebih membantu Anda dalam memperkirakan resiko dan melakukan upaya pencegahan dari virus ini secara tepat. Salah satu rekomendasi untuk kebutuhan informasi yang akurat dan terpercaya, Anda bisa mengunjungi situs atau aplikasi Halodoc.

  • Menerapkan gaya hidup sehat.

Untuk meminimalisir resiko terinfeksi corona, sebaiknya mulai dari sekarang terapkan gaya hidup sehat. Hal ini bisa dimulai dengan rajin mencuci tangan dengan air dan sabun atau handsanitizer. Selain itu juga dengan rajin membersihkan lingkungan di sekitar Anda, menjaga asupan makanan dengan yang bergizi, beristirahat dengan cukup, serta rutin melakukan olahraga.

  • Kurangi intensitas melihat berita di media.

Selalu update tentang informasi terbaru tentang kasus corona memang baik. Namun mengingat banyaknya informasi yang berkembang dari berbagai media, entah itu TV, media sosial, radio, dlsb, sedikit banyak bisa memicu rasa takut dan cemas. Jika Anda cukup terganggu dan mudah cemas dengan pemberitaan yang ada di berbagai media, ada baiknya kurangi intensitas untuk melihat atau mendengar beritanya.

  • Mengelola emosi dan stress dengan baik.

Terakhir, agar tidak panik dalam menghadapi pandemi virus corona yang mengancam keselamatan kita, sebaiknya kelola emosi dan stress dengan baik. Karena jika dibiarkan juga bisa berimbas pada kesehatan fisik dan mental Anda. Untuk mengelola stress dengan baik, Anda bisa melakukan berbagai cara, seperti berolahraga, meditasi, melakukan hobi, dll.

Related posts