Tips Menjaga Tulang Supaya Tetap Sehat

  • Whatsapp
Tips Menjaga Tulang Supaya Tetap Sehat

Seiring berjalannya waktu serta bertambahnya usia seseorang, dan kekuatan serta kepadatan tulang akan semakin berkurang juga. Akan tetapi, ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan tulang serta untuk mempertahankan kekuatan tulang. Hal ini juga dapat kamu lakukan dengan menjalani gaya hidup atau pola hidup sehat.

Karena peranan dari tulang pada tubuh sangatlah banyak. Bukan hanya untuk bergerak, tapi tulang juga memiliki peran dalam membentuk struktur atau rangka tubuh, serta melindungi organ tubuh, dan menyimpan pada kalsium.

Jika kamu tidak menjaga kesehatannya, maka tulang akan mudah keropos sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik. Maka tulang yang keropos dan lemah juga akan lebih mudah retak atau bahkan patah, apalagi ketika terjadi cedera.

Maka dari itu, biar tulang tetap sehat dan kuat, sangat penting bagi kamu untuk menjaga kesehatan tulang sejak saat ini, sehingga masalah tulang yang lainnya akan bisa di atasi.

Cara Menjaga Kesehatan Tulang

Berikut ini saya juga akan memberikan beberapa cara untuk menjaga kesehatan tulang yang bisa dengan mudah kamu lakukan:

1. Secara Rutin Lakukan Olahraga

Jika kamu memiliki kebiasaan jarang bergerak ataupun berolahraga bisa membuat otot serta tulang menjadi lemah. Ada juga beberapa riset menyebutkan bahwa orang yang jarang berolahraga akan terlihat lebih rentan mengalami masalah pada tulang, misalnya osteoporosis.

Maka dari itu, jika selama ini kamu jarang berolahraga, mulai dari sekarang kamu harus lebih aktif bergerak dan juga rutin berolahraga agar menjaga kepadatan serta kekuatan tulang. Ada juga beberapa jenis olahraga yang baik untuk kepadatan tulang yakni jalan santai, latihan angkat beban, jogging, dan yoga.

2. Jangan melewatkan sarapan

Mungkin diantara kita juga masih banyak yang sering melewatkan sarapan. Tapi sebenarnya makan pagi atau sarapan itu sangat penting dilakukan agar tubuh memperoleh nutrisi dan juga energi yang dibutuhkan untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Untuk dapat menjaga kesehatan tulang, kamu juga dapat memilih menu sarapan yang mengandung banyak kalsium dan juga vitamin D.

Ada juga sumber kalsium terbaik yakni kacang kedelai, susu, keju, yoghurt, serta sereal yang kaya dengan kalsium. Bukan hanya itu, vitamin D bisa kamu peroleh dari minyak ikan dan juga telur.

Kamu juga bisa melengkapi dengan pola makan sehat dan bergizi kemudian seimbang dengan memperbanyak konsumsi buah dan juga sayur untuk menjaga kekuatan dan kesehatan tulang.

3. Berjemur di pagi hari

Sumber vitamin D bisa kita dapatkan dari paparan sinar matahari di pagi hari yang masih alami yang juga diperlukan tubuh untuk membantu penyerapan kalsium. Jika kamu kekurangan vitamin D, kamu akan lebih rentan akan mengalami kekurangan kalsium sehingga tulang juga akan lebih mudah keropos.

Maka dari itu kamu cobalah untuk rutin berjemur di bawah sinar matahari di pagi hari sekurang-kurangnya 2–3 kali dalam seminggu, ada penelitian baru juga yang mengatakan bahwa berjemur yang tepat adalah di waktu jam 10 pagi sekitar 15 menit.

4. Jauhkan konsumsi minuman beralkohol dan tidak merokok

Jika kamu memiliki kebiasaan hidup yang kurang sehat, misalnya sering merokok serta mengonsumsi minuman beralkohol, dapat menyebabkan hilangnya kepadatan dan kesehatan tulang. Bukan hanya itu, kebiasaan tersebut juga bisa membuat tubuh akan  rentan mengalami kekurangan kalsium dan juga vitamin D, sehingga tulang akan lebih rapuh, dan mudah keropos.

Maka dari itu, untuk bisa menjaga kesehatan tulang, kamu juga disarankan untuk menjauhi minuman beralkohol serta menghentikan kebiasaan merokok.

Begini cara tulang tetap sehat, yaitu dengan menjalani pola hidup yang sehat sehingga kamu bisa menjaga kesehatan tulang kamu dan tidak akan terkena penyakit osteoporosis.

Related posts