Tips dan Trik Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Bau dan Empuk

  • Whatsapp
Tips dan Trik Mengolah Daging Kambing Agar Tidak Bau dan Empuk

Saat kamu sedang ingin memasak daging sapi atau kambing pasti kamu akan ragu karena kamu belum tahu cara mengolahnya atau takut gagal karena masakan daging yang kamu olah masih bau amis dan tekstur daging masih alot. Ternyata memasak daging kambing atau sapi susah-susah gampang, oleh karena itu kita harus tahu cara pengolahan masakan daging dengan benar. Belum lagi ada teknik memasak daging sapi atau kambing agar tektur daging empuk serta tidak meninggalkan bau amis. Menguasai teknik mengolah daging memang kita harus tahu karena jika kita salah mengolahnya maka masakan kita kurang sedap. Untuk itu kami akan berikan tips dan teknik mengolah daging kambing agar bebas bau prengus dan membuat tekstur daging menjadi empuk. Simak tips nya!

  1. Marinasi daging kambing dengan nanas

Tips pertama yaitu kamu bisa melumuri potongan daging kambing dengan nanas parut sebelum kamu olah. Karena parutan nanas tersebut bisa membuat tekstur daging kambing menjadi lebih lembut. Kandungan pada nanas yaitu ada bromelin enzyme bisa melembutkan protein pada daging sehingga bisa melunakan daging dan banyak para chef melembutkan daging kambing menggunakan parutan nanas. Triknya yaitu dengan memotong daging jangan terlalu kecil lalu lumuri dengan parutan nanas secara merata lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu kamu rebus daging tersebut untuk membersihkan sisa nanas yang menempel lalu masak kembali daging sesuai resep masakanmu.

  1. Bungkus daging dengan daun pepaya

Tips kedua pasti sudah tidak asing lagi yaitu menggunakan daun papaya. Membungkus daging dengan daun papaya ternyata bisa membuat daging menjadi lebih empuk. Kandungan senyawa dari daun papaya yang bernama papain mempunyai fungsi sebagai pemecah protein pada daging agar tekstur daging menjadi empuk. Triknya yaitu sebelum memasak, sebaiknya bungkus daging kambing dengan daun pepaya lalu diamkan selama 30 menit dan kemudian daging kambing tersebut bisa langsung diolang tanpa perlu dicuci kembali.

  1. Jangan mencuci daging kambing

Tips ketiga cara membersihkan daging kambing yaitu dengan jangan langsung mencuci daging kambing dengan air baik direndam atau dengan air mengalir karena ketika dicuci malah akan membuat aroma daging semakin menyengat dan alot. Sebetulnya banyak yang mengira jika daging kambing sebelum dimasak harus dicuci terlebih dahulu karena dirasa bau akan tetapi bau tersebut disebabkan oleh bakteri sehingga kita hanya cukup menjaga higienitas saat memotong daging kambing.

  1. Marinasi dengan rempah-rempah

Tips keempat cara menghilangkan bau pada daging yaitu dengan menggunakan rempah-rempah seperti daun salam, lengkuas, jahe, serai, dan sebagainya berfungsi menyamarkan aroma prengus pada daging kambing. Sedangkan untuk melunakkan tekstur dagingnya, kamu bisa memilih bumbu bercita rasa asam seperti asam jawa atau belimbing wuluh. Selain itu, rempah juga dapat menambah cita rasa daging kambing sehingga lebih nikmat saat disantap. Caranya, haluskan bumbu dan rempah lalu oles ke seluruh permukaan daging. Setelah dirasa sudah meresap, kamu bisa langsung mengolah daging kambing sesuai selera.

  1. Mengiris daging dengan tepat

Tips terakhir yaitu jangan sampai salah memotong daging. Mengapa demikian? Karena jika salah memotong bisa membuat daging tersebut menjadi alot. Maka dari itu saat memotong daging, potonglah daging dengan melawan arah dengan serat daging karena jika mengikuti serat daging maka daging akan menjadi alot. Dan juga pisahkan tempat penyimpanan daging dengan jeroan agar daging tersebut tidak bau prengus.

Itulah beberapa tips dan trik dalam mengolah daging kambing agar tidak berbau dan tidak bertekstur alot. Setelah mengetahui tips ini, kini anda bisa memasak olahan daging kambing tanpa khawatir bau. Dan jangan lupa jika ingin melihat resep masakan, anda bisa mendownload aplikasi resep masakan Yummy di Playstore. Disana ada beberapa resep masakan olahan daging kambing yang bisa kamu tiru.

Related posts