Mobil-mobil yang ada di Indonesia sebagian besar hadir karena permintaan atau kebutuhan pasar domestik. Hanya sedikit agen pemegang merek yang menyediakan mobil-mobil mewah atau performa tinggi. Anda yang ingin punya mobil yang tidak ada di Indonesia terpaksa harus mendatangkan secara impor. Membeli dari luar negeri tidak semudah kelihatannya. Proses birokrasi bea cukai yang terkenal rumit dan kadang berbelit-belit membuat banyak masyarakat cukup jera memanfaatkan jasa bea cukai. Anda perlu melewati beberapa proses agar bisa mendapat mobil impian. Berikut adalah langkah untuk impor dari luar negeri yang sudah diringkas.

  1. Menentukan harga

Hal terpenting dan yang paling utama yang harus Anda tentukan kepada Supplier (Pemasok) di luar negeri adalah atas dasar apa Anda membayar barang dengan harga sejumlah tersebut. Sebab, dalam kegiatan impor Anda sering menjumpai istilah FOB, CFR, CIF, DDP, FAS dan sebagainya yang menunjukkan kapan tanggung jawab dan kewajiban biaya oleh Supplier (Pemasok) berakhir.

  1. Menentukan cara dan biaya pengiriman

Setelah mengetahui harga dan term penyerahan perdagangan (term of trade) dari Pemasok Anda di luar negeri, maka harus dipastikan besarnya biaya tambahan agar barang impor sampai ke alamat Anda. Untuk mendapatkan biaya pengiriman yang tepat, setiap perusahaan pengangkutan (forwarder) membutuhkan data yang akurat tentang ketentuan perdagangan, bobot dan dimensi barang yang akan dikirim. Dalam hal ini, pihak Pemasok harus memberitahukan hal ini kepada mereka.

  1. Memilih Jasa Pengiriman

Ketika mengimpor barang dari luar negeri, Anda harus memilih jasa pengiriman barang (Freight Forwarder) yang profesional yang dapat membantu Anda dalam mengurus serta memenuhi persyaratan dokumentasi  dan pengurusan kepabeanan.

  1. Memilih Armada Pengiriman

Anda perlu menentukan seberapa cepat memerlukan barang untuk sampai ke alamat Anda. Karena itu, perlu dipikirkan alternatif apakah perlu dikirim melalui udara atau laut.

Namun, kini anda tidak perlu ribet dengan pengiriman tersebut. Untuk membeli kendaraan niaga, anda bisa memilih membeli melalui dealer truk fuso atau melalui distributor resmi mitsubishi fuso yang tersedia di kota anda.