Pastinya akhir akhir ini kamu sering melihat iklan Harbolnas atau 12.12 baik secara online ataupun offline. Kemungkinannya kamu akan tertarik untuk mengetahui harbolnas ini lebih banyak lagi. Harbolnas ini merupakan singkatan dari Hari Belanja Online Nasional. Di Hari Belanja Online Nasional ini, kamu bisa mendapatkan promo dan juga diskon menarik yang tidak tanggung tanggung yang bisa didapatkan dari berbagai website e-commerce dan bisnis bisnis online lainnya. Untuk pertama kalinya event tahun ini diadakan pada tanggal 12 Desember 2012 lalu oleh 7 website e-commerce Indonesia mulai dari Lazada hingga Bukalapak.

Konsep dari Hari Belanja Online Nasional ini sendiri memang mirip dengan acara diskon besar besaran tahunan yang dilakukan di beberapa negara besar seperti Amerika, Kanada, Jerman, Inggris, dan juga Jepang. Di negara negara tersebut, mereka akan merayakan liburan yang dikenal dengan sebutan Thanksgiving Day. Dimana perayaan ini sangat identik dengan acara Black Friday yang biasanya akan diselenggarakan pada hari jumat setelah hari Thanksgiving. Toko toko di yang ada di negara negara tersebut selama Black Friday akan memberikan promo dan diskon besar besaran seperti parfum pria, atau merek lainnya. Serta untuk menarik pembeli, mereka akan membuka toko lebih lama lagi.

Sedangkan untuk e-commerce diluar sana, mereka telah memiliki event Cyber Monday dimana website website e-commerce tersebut akan memberikan promo dan juga diskon besar besaran secara online melalui website resmi mereka. Biasanya Cyber Monday ini akan diadakan dihari Senin setelah diselenggarakannya Black Friday. Event tahun ini pada awalnya diselenggarakan untuk mengedukasi masyarakat tentang belanja online. Ditahun 2012 lalu, e-commerce belum memiliki popularitas seperti saat ini. Pasalnya pada waktu itu masih banyak orang yang kurang percaya untuk melakukan pembelian secara online.

Sejarah Singkat Munculnya Hari Belanja Online Nasional

Website e-commerce yang telah populer ditahun 2012 itu menyadari jika di Indonesia ada banyak pengguna internet, tetapi yang melakukan transaksi online jumlahnya belum begitu banyak. Yang menjadi pelopor pada saat itu adalah Lazada, dimana e-commerce ini mengadakan Hari Belanja Online Nasional pada tanggal 12 Desember 2012. Pada saat itu event dengan tajuk 12.12.12 ini diikuti oleh beberapa pemain e-commerce yang lainnya seperti Zalora, BerryBenka, Traveloka, Luxola, dan masih banyak yang lainnya. Salah satu tujuan utama dari dilakukannya Hari Belanja Online Nasional ini adalah untuk memperkenalkan online shopping dan e-commerce ke lebih banyak orang Indonesia dan juga untuk memajukan industri e-commerce yang ada di Indonesia.

Tahun 2018 kemarin merupakan tahun ke 6 Hari Belanja Online Nasional, dimana perayaannya itu bisa dibilang telah tumbuh menjadi semakin besar. Ditahun 2018 tersebut, kebanyakan website e-commerce memulai event 12.12 ini selama 2 hari saja yaitu mulai dari tanggal 11 hingga 12 Desember 2018. Sebenarnya sejak bulan September saja telah banyak website e-commerce yang menawarkan promo promo menarik dan diskon besar. Tetapi Hari Belanja Online Nasional ditahun 2018 ini adalah puncaknya.

Salah satu hal yang menjadikan Hari Belanja Online Nasional 2018 begitu spesial adalah adanya pemasaran ribuan produk lokal. Pada tanggal 11 Desember 2018 tersebut akan dapat dilihatnya banyak produk lokal di website website e-commerce favorit kamu.  Sebagai event belanja online paling besar, mereka telah berkomitmen untuk memperkenalkan lebih banyak lagi tentang produk lokal dari UMKM Indonesia dengan tujuan supaya semakin aktifnya UMKM di dunia perdagangan digital. Memang ditahun 2018 lalu, Hari Belanja Online Nasional mengangkat tema besar “Belanja Untuk Bangsa”. Hal tersebut diharapkan dapat mendorong produsen lokal untuk ikut berpartisipasi dan merasakan dampak dan juga kemeriahan di Hari Belanja Online Nasional tersebut.

Ditahun 2018 lalu Hari Belanja Online Nasional ini sendiri diikuti oleh lebih dari 300 e-commerce mulai dari adanya Shoppe hingga Elevenia. Hari Belanja Online Nasional ditahun 2018 juga didukung oleh tiga kementrian seperti Kementrian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia, Kementrian Perindustrian, dan juga Kementrian Perdagangan. Sama saja seperti ditahun tahun sebelumnya jika Dewaweb di Hari Belanja Online Nasional 2018 terebut ikut berpartisipasi di perayaan 12.12. Lalu di Hari Belanja Online Nasional 2018 tersebut apa yang bisa kamu dapatkan dari Dewaweb?

Berikut dibawah ini beberapa keuntungan yang bisa didapatkan dari Dewaweb di Hari Belanja Online Nasional 2018 diantaranya yaitu :

  • Untuk 100 orang pertama, Domain.com dari 120 ribu menjadi 80 ribu.
  • untuk 100 orang pertama, Domain.id dari 250 ribu menjadi 190 ribu.
  • Untuk setiap pembelian paket hosting baru minimal paket Hunter dan maksimal periode hosting 1 tahun adanya cashback sebesar 50 %.

Mereka tidak memberi batasan berapa banyak domain dan hosting yang bisa kamu beli, tetapi pastikan jika pembayaran order harus diterima maksimal pada pukul 12 siang pada tanggal 13 Desember 2019. Jika melakukan pembayaran melebihi dari tanggal yang telah ditentukan tersebut, maka mereka akan membatalkan order kamu.

Tidak bisa dipungkiri jika Hari Belanja Online Nasional ini menjadi moment yang paling ditunggu tunggu oleh masyarakat, terlebih bagi mereka para pemburu diskon. Berdasarkan sebuah catatan yang dilakukan oleh Asosiasi E-Commerce Indonesia (idea) mengatakan jika begitu tingginya antusiasme masyarakat terhadap event tahunan tersebut. Dimana telah tercatatnya ada sekitar Rp. 6,8 triliun yang telah berhasil dikumpulkan pada Hari Belanja Online Nasional tahun 2018 lalu. Dengan semakin banyaknya pembeli, maka itu berarti kesempatan kamu untuk mendapatkan barang diskon akan semakin sedikit juga.

Rezky Yanuar selaku Country Brand Manager Shoppe Indonesia mengatakan jika jam produktif untuk memesan barang diskon di Hari Belanja Online Nasional adalah pada tengah malam. Pasalnya pada tengah malam tersebut yaitu tepat pada pukul 00.00 WIB itu adalah awal dimulainya event tahunan tersebut. Ditengah malam tersebut jumlah promonya masih banyak sehingga akan adanya kesempatan bagi yang lainnya untuk mendapatkan promo.

Sebaiknya kamu tidak melakukan transaksi di pagi hari yaitu sekitar pukul 09.00 hingga 11.00 WIB pagi. Pasalnya diwaktu tersebut merupakan waktu produktif bagi orang orang untuk melakukan berbagai hal. Selain itu juga adanya waktu produktif yang harus dihindari untuk melakukan transaksi yaitu dikisaran pukul 13.00 hingga 15.00 WIB, karena diwaktu tersebut biasanya akan digunakan banyak orang untuk makan siang. Selain tengah malam, waktu yang paling baik untuk berbelanja di Hari Belanja Online Nasional adalah ketika jam makan siang atau istirahat. Biasanya waktu makan siang atau istirahat tersebut sekitar pukul 12.00 hingga 13.00 WIB, momen ini sangat cocok dimanfaatkan untuk belanja Hari Belanja Online Nasional.

Yang harus diperhatikan oleh para pemburu diskon adalah tidak hanya masalah waktunya saja, tetapi mereka juga harus membaca dengan seksama setiap ketentuan yang berlaku dalam promo. Pasalnya beda besaran diskon atau promo maka pastinya akan berbeda juga syarat dan ketentuannya.