7 Kelebihan Menyewa Kontrakan Murah di Depok Daripada Membeli Rumah

  • Whatsapp
Kontrakan Murah di Depok

Kontrakan murah di Depok menawarkan sejuta kelebihan, karena menyewa rumah bisa menjadi pilihan ideal bagi mereka yang masih single atau memiliki keluarga baru. Karena rumah kontrakan serba fleksibel dan Anda tidak perlu menanggung banyak hal. Meskipun membeli rumah juga bisa menghemat anggaran jangka panjang, tetapi menyewa dapat membantu Anda mempertahankan fleksibilitas dan gaya hidup Anda yang serba mudah.

Tinggal di Depok dengan pasaran harga properti yang serba mahal, menyewa rumah bisa menjadi cara sederhana untuk mendapatkan ruang yang diinginkan tanpa harus menghabiskan waktu bertahun-tahun menabung untuk mencicil rumah. Menyewa juga memudahkan Anda tinggal di dalam hunian layak, entah itu apartemen atau rumah pada umumnya. Dengan menyewa, Anda tidak terikat dengan properti dalam jangka panjang, dan Anda juga tidak terlalu bertanggung jawab untuk menanggung beban perbaikan, membayar pajak dan asuransi, dan memenuhi pengeluaran lainnya.

Mengontrak rumah mengurangi risiko tagihan besar

Tidak diragukan lagi: Memiliki tempat tinggal itu mahal. Belum lagi menanggung biaya kerusakan area tertentu atau biaya pajak bangunan. Rumah selalu bermasalah saat musim hujan, belum lagi jika ada insiden yang tidak bisa terprediksi. Menyewa rumah kontrakan murah di Depok mungkin bisa menjadi solusi bagi Anda yang membutuhkan tempat tinggal nyaman tanpa harus menanggung biaya perawatan. Biasanya si pemilik rumah bertanggung jawab atas pemeliharaan dan mereka siap membayar pajak setiap tahunnya.

Tidak perlu bayar asuransi rumah

Tagihan asuransi yang semakin menggunung, jangan menjadi pengganggu keuangan Anda. Cukup bayar tagihan asuransi kesehatan dan kendaraan maka kondisi finansial Anda akan terjaga. Beberapa orang merasa kecewa karena selama puluhan tahun membayar iuran asuransi yang mahal tapi tidak bisa mengklaim kepada perusahaan, karena selama ini rumah dalam keadaan baik-baik saja. Artinya dengan mengurangi asuransi properti, keuangan Anda bisa digunakan dengan hal-hal yang lebih bermanfaat seperti investasi atau membuka usaha.

Tidak perlu bayar uang muka puluhan juta

Pernahkah Anda membayangkan berapa mahalnya harga properti saat ini? Khususnya di daerah Depok? Sepuluh tahun yang lalu orang tidak akan menyangka bahwa rumah dengan luas 400 meter di Depok akan seharga 5 milyar rupiah, belum dengan furnitur dan meubel. Kebutuhan sehari-hari saja sering datang tidak terduga dan kita masih kesulitan menanganinya, maka dari itu solusinya adalah tinggal di kontrakan yang serba mudah. Jika harga rumah mencapai 5 milyar, maka berapa uang muka yang harus Anda tanggung sebelum menempati permanent residence?

Anda tidak terjebak dengan kerugian apa pun

Rumah mendapatkan dan kehilangan nilai setiap saat, dan itu tidak selalu harus dilakukan dengan rumah itu sendiri. Lingkungan dapat naik dan turun nilainya, misalnya, atau distrik sekolah dapat berdampak besar pada nilai rumah.

Ini adalah hal-hal yang harus Anda pertimbangkan jika Anda membeli rumah. Anda mungkin tidak ingin tinggal di daerah yang sama jika Anda akan membeli properti.

Tetapi karena nilai rumah berfluktuasi, itu mungkin tidak akan terlalu mempengaruhi pembayaran sewa bulanan Anda. Tanpa harus mempertimbangkan faktor-faktor ini, ada lebih banyak variasi lokasi yang tersedia, daripada berfokus pada di mana pasar penjualan kembali sedang memanas.

Anda tidak terikat satu rumah dalam waktu jangka panjang

Biasanya pemilik rumah akan memberikan jangka waktu kepada penyewa rumah, itu artinya Anda semakin bisa berpindah dari rumah satu ke rumah lainnya. Merasakan berbagai dinamika lingkungan sosial yang beraneka ragam. Mempererat tali persaudaraan dengan orang-orang baru, semakin tahu tentang lingkungan sosial yang berbeda.

Jika Anda mendapat lingkungan yang toxic, diperlakukan tidak nyaman oleh tetangga, paling tidak ada kesempatan bagi Anda untuk pindah. Jika Anda tinggal secara permanen dalam lingkungan yang sama, lingkungan yang tidak sehat akan terus mengganggu mental Anda dan keluarga.

Fasilitas

Dengan harga yang terjangkau Anda bisa menikmati fasilitas yang baik, misalnya seperti tempat gym, kolam renang kompleks, CCTV RT/ RW, dan taman jogging track yang nyaman. Sebaliknya jika Anda membeli rumah dengan harga yang lebih mahal mungkin belum tentu mendapatkan fasilitas yang sama, apalagi jika tinggal di Depok dengan harga properti yang terus melambung tinggi.

Mengurangi hutang kartu kredit

Terlepas dari kredit cicilan rumah, survei perbankan di Asia menunjukkan bahwa orang-orang yang tidak memiliki tempat tinggal jauh lebih hemat dalam konsumsi gaya hidup. Pembayaran kartu kredit jauh lebih terkendali, daripada orang-orang yang memiliki tempat tinggal secara permanen. Mungkin karena kebutuhan rumah jauh lebih tinggi dan sulit ditawar daripada tinggal di rumah sewaan. Hutang kredit yang tidak terbayar justru merugikan perusahaan dan negara secara finansial. Dengan tinggal di dalam rumah kontrakan Anda akan membantu perusahaan bank dari masalah hutang, konsumsi lebih stabil karena mengutamakan barang-barang yang dibutuhkan sehari-hari.

Beberapa uraian di atas merupakan keuntungan alternatif jika Anda memilih kontrakan murah di Depok. Ada beberapa orang yang jauh merasa lebih hemat jika tinggal di rumah permanen. Namun bagi Anda yang masih sendiri dan belum berkeluarga menyewa rumah mungkin bisa jadi prioritas terakhir, karena masih banyak hal yang bisa Anda eksplor sebelum berkeluarga. Misalnya membuat usaha, investasi saham, emas, dll. Sehingga tidak perlu membeli rumah di usia muda, membeli properti yang lebih baik ketika usaha Anda sudah berkembang pesat.

Related posts