Tips Sukses Menerapkan SMS Marketing

  • Whatsapp
SMS Marketing

Untuk menerapkan strategi SMS marketing agar sukses sesuai dengan tujuan anda, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Tentunya hal ini akan sangat berbeda jika anda menggunakan strategi lain. Sebelumnya, anda harus memikirkan bagaimana cara untuk mendapatkan nomor pelanggan. Anda bisa mengumpulkan database tersebut dari nomor kontak pelanggan, menjanjikan promo eksklusif atau dengan cara lain yang menurut anda mempunyai potensi yang bagus.

Tips SMS Penerapan Marketing

Katakanlah anda sudah mempunyai daftar kontak yang sudah terkumpul, anda tidak bisa langsung memberikan penawaran atau memasarkan produk begitu saja. Bisa jadi mereka akan merasa terganggu dengan kiriman tersebut. maka dari itu, ada beberapa tips yang bisa anda gunakan agar sukses menerapkan strategi SMS marketing.

1. Pesan yang Relevan dan Bermanfaat

Usahakan setiap SMS yang anda kirim adalah yang bermanfaat bagi penerima. Konten yang anda berikan juga harus relevan terhadap apa yang mereka inginkan. Jika sebelumnya anda menjanjikan diskon produk kosmetik untuk mendapatkan nomor tersebut, kemudian anda SMS mereka dengan konten diskon makanan, sudah pasti mereka akan mengabaikannya.

2. Memahami Aturan SMS

Aturan yang umum ditentukan oleh perusahaan telekomunikasi adalah tidak mengandung unsur SARA, Spam, fitnah dan penipuan. Pastikan anda telah memahami semua hal tersebut dan jangan dimasukkan kedalam konten SMS yang akan dikirim.

3. Kirimkan Pada Kontak Yang Terdaftar

Untuk hasil yang lebih optimal, kirimkan SMS hanya pada kontak yang sudah terdaftar. Hal ini juga bertujuan agar biaya yang anda keluarkan tidak sia-sia karena SMS yang terkirim akan diabaikan oleh penerima.

4. Batas Pesan 160 Karakter

Bukan kata, melainkan karakter, itulah yang harus anda pahami sebelumnya. Setiap provider di Indonesia membatasi jumlah karakter sebanyak 160 per SMS nya, hal itu juga terhitung ketika menggunakan spasi pada konten SMS. Jika lebih satu karakter saja, maka sudah terhitung 2 SMS dan artinya anda harus membayar dua kali lipat.

5. Tentukan Waktu Pengiriman

Perhatikan waktu ketika mengirim SMS. Jika anda melakukan launching produk terbaru, usahakan untuk mengirim SMS pada hari itu juga. Hal ini sangat berguna untuk penerima yang sering lupa jika anda mengirim SMS pada hari sebelum launching.

Atau mungkin anda hanya menawarkan diskon, maka waktu yang tepat adalah ketika mereka sedang istirahat atau bersantai, yaitu pada sore hari. Tujuannya selain agar mereka segera membukanya, juga untuk menjaga reputasi anda dalam hal etika bisnis.

6. Siapkan URL yang Relevan

Tips yang satu ini sangat penting untuk mereka tertarik dengan penawaran yang anda berikan. Dengan menyisipkan URL kedalam teks, mereka dapat dengan  mudah untuk mencari informasi lebih lanjut. Jika URL anda terlalu panjang sehingga menghabiskan jatah karakter, silahkan gunakan layanan short link yang sudah banyak bertebaran di internet.

7. Pertahankan Konsistensi

Menjaga konsistensi sangat penting dilakukan, namun yang perlu diperhatikan adalah jangan terlalu berlebihan dalam mengirim pesan. Atur jadwal setiap hari atau 2 hari sekali, yang penting rutin. Hal tersebut akan sangat berguna untuk memancing penasaran audience.

Setelah anda paham dan sudah mempelajari semua tips diatas, saatnya kini anda melakukan action. Tidak mungkin jika anda mengirimkan SMSkepada semua kontak dengan cara manual. Iya kalau jumlah kontak anda hanya 10, bagaimana jika 100? Atau bahkan mungkin mencapai ribuan?

Menjawab pertanyaan tersebut, anda bisa menggunakan layanan SMS Gateway yang sudah banyak ditemui dunia online. Beberapa yang bisa anda coba adalah SMS Blast, SMS masking Jakarta, SMS Targeted dan masih banyak lagi untuk digunakan sebagai penunjang strategi SMS marketing.

Related posts