Manfaat Makan Sayur untuk Anak

  • Whatsapp
Manfaat Makan Sayur

Manfaat makan sayur memang sangat banyak apa lagi untuk pertumbuhan si kecil. Namun, si kecil kerap pilih-pilih makanan, terkadang mereka hanya mau makanan yang memiliki rasa manis dan gurih saja. Makanan yang memiliki kandungan gula dan minyak yang berlebih tidak baik di konsumsi apa lagi di konsumsi oleh anak kita. Kita sebagai orang tua harus bisa mengatur makanan apa saja yang baiknya di makan oleh si kecil seperti sayur dan buah. Tapi terkadang anak juga sering menolak untuk memakan sayur mereka bilang kalo sayur gak enak gak ada rasanya.

Para ibu harus pintar dan sebisa mungkin memutar otak agar anak mau makan sayur. Karena sayur memiliki banyak pengaruh penting bagi pertumbuhan si kecil. Apa lagi sayur yang memiliki warna yang cantik yang bisa ibu-ibu di rumah berikan ke anak agar mereka mau mencicipi sayur yang ibu buat untuk si kecil. Selanjutnya saya akan memberikan informasi tentang manfaat makan sayur untuk anak-anak.

1. Dapat Menjaga Kekebalan Tubuh

Sayur memang memiliki banyak vitamin, vitamin yang terkandung di sayur mampu menjaga kekebalan tubuh si kecil. Jadi jangan sampai si kecil kekurangan asupan sayur dalam tubuhnya. Menurut penelitian dari Khoiri Fury Handayani, apabila anak kekurangan asupan vitamin makan dapat berakibat menurunnya daya tahan tubuhnya. Sehingga si kecil mudah terserang penyakit seperti batuk, diare, dan demam. Karena defisiensi vitamin berperan pada rendahnya resistensi terhadap infeksi, kemudian akibatnya dapat menurunkan tingkat imunitas seseorang. Penyakit dapat mudah masuk karena tubuh kekurangan zat gizi.

2. Mengurangi risiko obesitas

Dengan mengonsumsi sayuran berserat anak dapat terhindar dari risiko obesitas. Terbukti dalam penelitian oleh Sevita Utami yang mengatakan bahwa serat hanya menyumbangkan beberapa kalori per unit dari makanan yang dikonsumsi. Kondisi perut yang bayak terisi serat dari sayuran yang tinggi sehingga rasa kenyang akan tercapai dengan konsumsi kalori yang rendah. Dengan demikian si kecil tidak akan mempunyai risiko obesitas dalam tubuhnya.

3. Dapat menjaga Kesehatan sistem pencernaan

Ibu harus memastikan anak mengonsumsi sayur secara rutin. Karena kandungan serat yang tinggi pada sayuran membantu menjaga Kesehatan sistem pencernaan si kecil. Kemudian si kecil terhindar dari risiko konstipasi secara signifikan.

4. Dapat menjadikan si kecil lebih cerdas

Menurut Erni Purwani dalam penelitiannya mengatakan bahwa pola makan sangat berperan penting dalam proses pertumbuhan pada si kecil. Karena dalam makanan banyak mengandung gizi yang sangat penting dalam pertumbuhan. Nutrisi yang masuk ke tubuh si kecil akan mendukung pertumbuhan fisik dan perkembangan otak anak sehingga erat hubungannya dengan kualitas Kesehatan dan kecerdasan anak.

5. Dapat menekan nafsu makan anak

Si kecil yang sering mengonsumsi sayuran dapat mengurangi makanan dan minuman instan yang di kemas yang tentunya tidak sehat untuk tubuh si kecil. Ketika perut si kecil penuh dan kenyang dengan makan sayur segar, tentu dia tidak akan cepat merasa lapar dan meminta atau mencari camilan tambahan yang kurang sehat untuk tubuhnya.

Untuk para ibu di rumah si kecil bisa menyerap kandungan nutrisi alami dari buah dan sayur tentunya buah dan sayur tadi masih segar ya Bu. Jadi untuk ibu-ibu di rumah selalu sajikan buah dan sayur untuk si kecil secara rutin di setiap waktu makan anak. Agar si kecil bisa tumbuh sehat dan cerdas, hal ini bisa di dapat dari manfaat makan sayur.

Related posts