Cara Merawat Gigi Susu Pada Anak

  • Whatsapp
Cara Merawat Gigi Susu Pada Anak

Supaya meminimalisir masalah-masalah pada gigi susu anak, sebaiknya lakukan tindakan pencegahan dan juga perawatan yang baik haru orang tua lakukan. Pastinya anak juga belum mampu untuk melakukannya sendiri jika orang tua tidak membimbingnya. Maka dari itu, sangat disarankan supaya orang tua terus memantau pertumbuhan dan juga kondisi gigi susu anak. Untuk para orang tua yang masih bingung di bawah ini ada informasi supaya lebih jelas, karena berikut ini ada beberapa tips dan juga cara untuk merawat gigi susu anak yang dapat di aplikasikan sejak dini pada anak.

1. Ajarkan Anak Agar Selalu Gosok Gigi

Untuk anak-anak maka pilih sikat gigi yang memang didesain serta dibuat khusus untuk anak. Karena dengan sikat gigi seperti ini umumnya punya tingkat kelembutan ekstra yang tidak dipunyai oleh sikat gigi orang dewasa. Pada sikat gigi anak juga memiliki bentuk yang lebih kecil yang disesuaikan dengan mulut si anak.

Apalagi di waktu-waktu awal mengenalkan ritual gosok gigi adalah waktu yang pas, cara ini juga hanya cukup menggunakan air tanpa sikat gigi. Caranya tinggal basahi sikat gigi dengan air, kemudian gosok-gosok ke gigi susu yang baru tumbuh pada anak. Dalam masa yang akan datang, kamu juga bisa menggunakan pasta gigi yang juga di desain khusus untuk anak karena biasanya kandungan mint pada pasta gigi anak tidak terlalu terasa jadi anak tidak merasa kepedasan ketika menggosok gigi.

Kemudian kamu juga bisa memilih  pasta gigi dari Pepsodent Junior dengan rasa buah-buahan  yang tentunya anak akan suka. Pepsodent Junior telah diformulasikan secara khusus untuk gigi susu anak yang akan dapat membantu melindungi dan juga menjaga gigi susu anak kamu.

2. Ajarkan Secara Rutin Pada Anak

Ajak anak menggosok gigi sebelum tidur dan ketika bangun pagi. Dengan begitu kegiatan menggosok gigi setelah makan juga diperbolehkan selama tidak akan membuat gusi lecet, sehingga anak akan rewel dan tidak mau lagi rutin menggosok gigi.

3. Selalu Mendampingi Anak Ketika Gosok Gigi

Dengan mendampingi anak menggosok gigi ini yang akan bertujuan untuk mengajari anak cara sikat gigi yang baik dan juga benar, sehingga gigi dan juga gusi dapat benar-benar bersih setelah proses gosok gigi selesai.

4. Ingatkan Anak Agar Tidak Sering Mengonsumsi Makanan Manis

Ibu juga dapat mendukung dengan memberi makanan sehat berupa banyak sayur dan juga buah. Karena dengan makanan-makanan tersebut juga bisa secara alami akan membersihkan gigi, apalagi buah seperti apel ini juga baik untuk anak, namun selalu ingatkan anak agar tidak mengonsumsi banyak makan yang mengandung gula buatan.

5. Bawa Anak ke Dokter Gigi 2 Kali Setahun

Hal ini juga akan memantau kondisi gigi anak yaitu dengan lakukan perawatan gigi secara rutin ke dokter gigi setiap 2 kali setahun. Dengan pemeriksaan rutin ke dokter gigi juga sangat penting agar membantu kamu untuk melakukan tindakan pencegahan jika ada gigi yang mulai rusak dan juga sebagainya.

Sehingga kamu bisa melalui pemahaman yang baik tentang struktur dan juga pertumbuhan serta berbagai masalah terkait gigi anak, terutama pada gigi susu pada anak kamu, sehingga kamu pun dapat membantu anak dalam menjaga giginya agar selalu sehat.

Pepsodent junior akan melindungi gigi seri mereka yang akan selalu membantu melebarkan senyuman setiap anak di seluruh Indonesia.

Related posts