Inilah Beberapa Tips Memilih Sepatu Bayi Terbaik

Sepatu Bayi131 views

Sepatu adalah pelindung kaki yang sangat dibutuhkan untuk seluruh manusia. Menggunakan sepatu yang tidak sesuai dengan ukuran kaki bisa menimbulkan luka, hal ini sangat rentan terjadi untuk bayi. Bayi adalah makhluk yang sangat sensitif sehingga memilih sepatu untuk bayi harus dilakukan dengan teliti. Sepatu bayi berbeda dengan sepatu orang tua karena dibuat dan didesain untuk keamanan dan kenyaman bayi ketika dipakai berjalan. Jika kamu ingin memilih toko sepatu yang bagus kamu bisa koleksi sepatu bayi Mothercare dengan harga yang terjangkau.

Ketika bayi memasuki masa belajar jalan, sepatu yang dipakai bayi harus sesuai dengan ukuran kaki bayi sehingga meminimalisir timbulnya kesalahan ketika bayi belajar jalan. Saat ini, sangat banyak sepatu bayi yang memiliki model beragam tetapi tidak dapat melindung kaki bayi sepenuhnya. Untuk itu, orangtua harus cermat dalam memilih sepatu untuk bayi.

Banyak merk sepatu bayi yang bisa dijadikan referensi untuk mencari tahu lebih banyak hal yang berkaitan tentang sepatu untuk bayi. Pada umumnya, merk sepatu bayi dan untuk orang dewasa sangat berbeda karena memiliki manfaat dan tujuan berbeda pula. Untuk orang dewasa, pada umumnya sepatu hanya berfungsi untuk melindungi dari benda-benda tajam yang bisa melukai kaki.

Tetapi, untuk bayi sepatu berfungsi untuk menyangga bobot tubuh. Seperti yang sudah diketahui bahwa bayi tidak memiliki keseimbangan yang utuh seperti orang dewasa ketika berjalan. Dengan menggunakan sepatu yang tepat, bayi bisa belajar untuk menyangga bobot tubuhnya sendiri sehingga dapat terbiasa untuk berjalan dengan maksimal.

Bahan Sepatu

Dari semua hal, bahan sepatu adalah hal yang harus diperhatikan. Hindari sepatu yang memiliki bahan dasar plastik atau karet. Hal ini sangat tidak sesuai untuk struktur kaki bayi yang baru saja tumbuh dan menyesuaikan dengan bentuknya. Tidak menggunakan bahan karet dan plastik bertujuan gara tidak terjadi luka ataupun iritasi pada kaki. Orang tua harus memastikan untuk memilih sepatu bayi yang memiliki bahan dasar lembut dan material pada pertengahan atau isi sepatu berupa bantalan sehingga ketika digunakan untuk berjalan, bayi tidak merasa kesakitan.

Sol Sepatu

Terlihat tidak terlalu penting, tetapi sol sepatu pada bayi harus dipastikan tidak berbahan dasar yang licin. Hal ini akan membuat bayi bisa menjaga keseimbangannya ketika berjalan. Sol berbahan dasar yang licin akan membuat bayi mudah mengalami jatuh karena sol yang licin tidak bisa beradaptasi dengan pijakannya. Sol berbahan dasar yang licin tidak bisa digunakan di lantai karena bayi akan mudah tergelincir sehingga menimbulkan efek negatif.

Sol sepatu yang berbahan dasar licin tidak mudah digunakan untuk seorang bayi yang baru saja belajar berjalan dengan lancar, hambatan-hambatan yang terdapat di pijakannya menimbulkan bahaya bagi bayi. Sol sepatu cocok untuk bayi adalah yang memiliki struktur kokoh tetapi tidak akan melukai kaki bayi ketika memakainya.

Ukuran dan Bentuk Kaki Bayi

Jika diperhatikan dengan seksama, setiap bentuk kaki bayi memiliki bentuk yang berbeda-beda. Untuk itu, orang tua harus memilih sepatu bayi yang sangat menyesuaikan bentuk kaki bayi. Walaupun tidak akan 100% sama dengan bentuk kaki bayi yang sebenarnya, hal ini akan membantu bayi merasa nyaman dengan sepatu pilihan orang tua. Bentuk kaki bayi yang seperti melebar ke depan tidak membutuhkan sepatu dengan model lurus sepenuhnya karena bayi tentu saja tidak akan merasa nyaman ketika menggunakannya.

Model yang tepat juga menunjang kenyamanan bayi saat menggunakan sepatu untuk berjalan. Sama halnya dengan orang dewasa, sepatu yang tepat akan menambah rasa nyaman jauh lebih banyak dibandingkan sepatu yang tidak sesuai.